Minggu, 26 Mei 2013

Tuas

 TUAS



Tuas atau pengungkit adalah jenis pesawat sederhana yang digunakan untuk mengungkit, memindahkan atau menggeser kedudukan benda yang berat atau berukuran besar.
Yang termasuk jenis-jenis pengungkit adalah : gunting, pembuka kaleng, pembuka botol minuman, dan lain-lain.
Berdasarkan letak titik tumpunya, tuas dapat dibedakan menjadi 3, yaitu :

    1. Tuas jenis pertama
Tuas jenis pertama  yaitu tuas yang memiliki titik tumpu berada diantara titik kuasa F dan titik beban B.
Contohnya adalah : gunting, palu, dan sebagainya.

    2. Tuas jenis kedua
Tuas jenis kedua yaitu tuas yang memiliki titik beban berada diantara titik kuasa F dan titik tumpu T atau bebannya diletakkan diantara titik tumpu dan titik kuasa.
Contoh tuas jenis kedua : gerobak dorong, pembuka botol, pemecah biji, dan sebagainya.

3   3.Tuas jenis ketiga
Tuas yang titik kuasa F posisinya berada diantara titik tumpu T dan titik beban B.

Contonya : penjepit, pinset, tangan memegang beban, dan sebagainya.

Keuntungan mekanik pada tuas adalah perbandingan antara gaya beban (w) dengan gaya kuasa (F), dapat dituliskan sebagai :

KM = w/F atau KM = lk/lb 

Tuas dipakai untuk mengungkit beban yang berat. Contoh tuas adalah linggis . linggis dapat dipakai untuk mengungkit beban yang berat dengan menaruh ujungnya dibawah beban, kemudian pangkalnya diangkat atau ditekan .
            Perhatikan gambar 1.1 titik T dimana tuas bertumpu disebut titik tumpu. Jarak titik T sampai garis kerja beban disebut lengan beban . jarak titik T sampai garis kerja gaya (F) yang harus dikerjakan supaya tuas setimbang disebut lengan kuasa . makin panjang lengan kuasa, makin kecil gaya yang diperlukan untuk mengungkit beban tersebut . Beban adalah berat benda yang diangkat, sedangkan kuasa adalah gaya yang kita berat pada tuas . Dalam kesetimbangan selalu :

Beban x lengan gaya = kuasa x lengan kuasa

            Beberapa pesawat yang menggunakan asas tuas , misalnya gunting, gerobak dorong , kakatua (catut besar) , roda gigi sepeda , pendayung, capit arang, palu pencekam, dan lengan bawah .

0 komentar:

Posting Komentar